Selamat Datang Drupal 8.0.0

Setelah menunggu sekian lama akhirnya pihak drupal.org sesuai janjinya merilis Drupal 8.0.0 tanpa embel-embel aplha, beta, atau rc alias drupal versi final ke masyarakat umum. Pihak drupal.org sendiri mengatakan bahwa ini merupakan update terbesar dari versi drupal.

Drupal 8 ini memang membawa beberapa perubahan yang cukup berarti di bandingkan drupal versi sebelumnya. Perubahan tersebut antara lain kemampuan inline edit atau edit langung tanpa masuk halaman edit, what-you-see-is-what-you-get (WYSIWYG) yang sudah ada tanpa perlu penambahan modul, modul Views yang sudah dijadikan core modul, dan berbagai perbaikan lainnya, dll

Drupal 8
Drupal 8

Penambahan Fitur Baru dan Perbaikan
Seperti drupal versi sebelumnya, Drupal 8 juga akan di-update secara periodik. Setiap 6 bulan sekali berbagai fitur baru akan ditambahkan di Drupal 8. Versinya pun akan menjadi Drupal 8.1.0 lalu Drupal 8.2.0 dst. Sedangkan perbaikan terhadap celah keamanan dan bug akan dilakukan setiap bulan. Sedangkan jadwal peluncuran versi minor akan dilakukan pertengahan April sedangkan perbaikan celah keamanan dijadwalkan 2 Desember 2015.

Bagaimana dengan Drupal 6 dan Drupal 7
Sesuai dengan kebijakan dari pihak drupal.org maka Drupal 6 akan segera memasuki masa pensiun alias End of Life (EOL) padah tanggal 24 Februari 2016. Artinya pihak drupal.org tidak lagi akan mengeluarkan versi terbaru atau perbaikan berkaitan dengan Drupal 6 dan semua modul dan theme yang berkaitan dengan Drupal 6. Sedangkan Drupal 7 masih akan didukung selama beberapa tahun ke depan.

Apakah Harus Upgrade
Jika Anda pengguna Drupal 7 maka Anda masih bisa bernafas lega dan terus menggunakan Drupal 7 sampai semua modul yang ada di Drupal 8 benar-benar mendukung situs yang Anda buat. Tetapi jika Anda menggunakan Drupal 6 maka mau tidak mau, Anda harus upgrade ke Drupal 8 atau setidaknya ke Drupal 7. Dengan catatan pastikan semua modul dan tema yang Anda gunakan di Drupal 6 ada di Drupal 7 atau Drupal 8.

Apabila Anda ingin upgrade ke Drupal 8 maka sebaiknya lakukan itu di website yang diperuntukkan untuk testing atau development. Jika tidak ada kendala baru lakukan di situs atau server utama.

Informasi menggenai berakhirnya peluncuran Drupal 8.0.0 dapat Anda baca di sini.

Kategori: 
Tag: