Hal Baru yang akan Anda Temui pada Drupal 8

Perilisan versi final Drupal 8 ke masyarakat hanyalah tinggal menunggu hitungan jam saja. Drupal 8 ini digadang-gadang lebih baik dan lebih hebat dibandingkan Drupal 7. Tentu saja Drupal 8 diharapkan mampu menarik minat lebih banyak developer atau siapa pun juga yang ingin memiliki website dengan cara yang mudah, tanpa perlu belajar bahasa pemrograman. Lalu hal-hal baru apa yang akan Anda temui pada Drupal 8?

Sebagian hal baru atau keunggulan tersebut ialah dijadikannya beberapa contributed modules atau modul yang dibuat pihak ketiga menjadi core module. Artinya, modul tersebut sudah menyatu dengan file instalasi Drupal 8.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi pengguna modul tersebut. Anda tidak perlu repot menginstal modul tambahan untuk mengaktifkan fungsi yang ada di dalam modul tersebut. Cukup aktifkan modul maka fungsi tersebut akan aktif.

Drupal 8
Drupal 8 | Gambar diambil dari drupal.org

Berikut beberapa hal baru yang akan Anda temukan di Drupal 8

1. Penambahan Core Modules Baru
Beberapa contributed modules telah di-upgrade menjadi core module yang menjadikan cms drupal semakin mantab dan bertenaga. Di sisi lain Anda tidak perlu repot-repot mencari modul tersebut lalu menginstalnya di sistem Drupal. Semua sudah termasuk dalam cms Drupal 8. Modul baru tersebut antara lain adalah:

  • CKEditor : Sekarang drupal sudah dilengkapi dengan fasilitas wysiwyg text editor yaitu menggunakan modul CKEditor. Dengan demikian Anda tidak perlu repot menambahkan modul wysiwyg dan mencari script modul yang bersangkutan.
  • jQuery Update : Modul ini sangat berguna jika Anda ingin menggunakan versi terbaru dari jQuery untuk web drupal Anda.
  • Navbar : Modul ini sebelumnya bernama Mobile Friendly Navigation Toolbar yang akan memudahkan Anda mengunjungi menu admin lain dari toolbar. Keunggulannya modul ini akan tampil bagus baik di PC atau smartphone.
  • Picture : Modul ini berguna untuk membuat gambar bisa tampil sempurna
  • Quick Edit : Modul ini akan mempermudah Anda ketika ingin mengedit suatu artikel atau postingan karena modul ini mengijinkan Anda mengedit tanpa harus masuk menu edit atau dikenal dengan istilah Inline Editor. Hal ini dapat menghemat lebih banyak waktu ketika ingin mengedit sebuah artikel apalagi kalau edit tersebut hanya menambahkan atau mengurangi huruf.
  • Views : Modul untuk mengambil isi dari database melalui menu admin drupal. Sebagai contoh dengan modul Views Anda dapat menampilkan node (posting) dari content type tertentu, taxonomy atau bahkan yang diposting oleh pengguna tertentu langsung dari tampilan administrasi drupal.
  • Modul yang berkaitan dengan field seperti date, email, link, dll serta berbagai modul lainnya

2. Ramah untuk Pengguna Mobile alias Mobile friendly
Drupal 8 dibuat agar ramah dengan pengguna mobile phone (smartphone, tablet, atau ponsel biasa) yaitu tampilannya tetap mudah dibaca dan dioperasikan sekalipun menggunakan layar yang kecil. Tema bawaan drupal (Bartik, Seven, and Stark) juga sudah menjadi responsive theme. Maksudnya tampilan akan berubah sesuai dengan layar mesin yang digunakan untuk membuka situs drupal. Dengan demikian pengguna tidak perlu kuatir kalau pengunjung mengakses menggunakan ponsel atau smartphone yang layarnya lebih kecil dibandingkan PC.

3. Dukungan HTML 5
HTML 5 saat ini sudah menjadi standar bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website. Hal ini juga digunakan di Drupal 8 yang memberikan Anda beberapa kemudahan seperti akses kolom input seperti email, telepon, tanggal, dll. HTML 5 juga kompatible untuk berbagai peralatan seperti smartphone, tablet, dan tentu saja PC.

4. Object Oriented Programming
Drupal 8 dibuat dengan konsep Object Oriented Programming dan menggunakan framework Symfony. Hal ini membuat script drupal mudah dikembangkan atau dikelola.

5. Twig Theme Engine
Drupal 8 menggunakan theme engine baru yang di sebut Twig, yang berdasarkan PHP, flexible, cepat diakses, dan yang paling penting aman. Twig lebih mudah digunakan dan memiliki kode yang sederhana untuk membangun sebuah theme Drupal yang indah.

6. Multilingual yang Lebih Baik
Di versi sebelumnya drupal memang sudah mendukung konsep multilingual atau ragam bahasa. Di Drupal 8 ini akan beberapa tambahan fungsi yaitu: menerjemahkan segala sesuatu dengan built-in user interfaces, membuat web dan membatasi tampilannya dengan Views language filtering dan block visibility

7. Ada Field di Mana Saja
Di Drupal 7, Anda hanya bisa menambahkan field di Nodes, Comments, Taxonomy Terms dan Users, namun di Drupal 8 Anda juga bisa menambahkan field di Nodes, Comments, Taxonomy Terms, Users termasuk Blocks, dan Contact Forms. Sebagai contoh Anda sekarang dapat membuat form Kontak dengan field yang lebih banyak dari yang ada di Drupal 7. Misalnya isian Nomor Telepon, Alamat, Kota, dll.

8. Configuration Manager
Keberadaan Configuration Manager akan sangat menolong Anda untuk mengekspor atau impor settingan yang sudah Anda buat di drupal satu ke drupal yang lain. Sebagai contoh bila Anda mencoba membuat content type dengan berbagai field di dalamnya di situs uji coba maka Anda dapat mengekspornya ke situs yang sesungguhnya dengan mudah.

Demikian beberapa kelebihan atau keunggulan Drupal 8 dibandingkan drupal versi sebelumnya. Tentu masih banyak kelebihan Drupal 8 lainnya yang bisa Anda temukan saat Anda mencoba Drupal 8. Jika Anda ingin mencoba Drupal 8 silakan mencobanya dengan mengunduhnya di situs Drupal.

Kategori: 
Tag: