Tutorial Modul Backup and Migrate

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengelola situs ialah Backup. Ya melakukan backup situs baik files maupun database secara periodik sebelum memperbaiki, update, atau merubah sesuatu di situs tersebut sangatlah berguna apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Selain itu melakukan backup secara rutin juga berguna bila suatu saat situs kita mengalami gangguan, misalnya karena serangan hacker. Drupal sendiri menyediakan modul (contributed module) yang akan mempermudah penggunakan melakukan backup secara rutin atau restore apabila diperlukan; yaitu modul Backup and Migrate.

Backup and Migrate adalah sebuah modul yang difungsikan untuk membuat backup dari situs drupal kita dan melakukan restore atau migrasi dari hasil backup tersebut. Migrasi tersebut tidak terbatas ketika situs mengalami masalah, tetapi juga saat kita ingin memindahkan hosting situs ke hosting yang lain atau dari server lokal (di PC) ke hosting situs kita. Dengan fungsi migrasi kita dapat memindahkan isi situs dengan lebih mudah.

Proses backup dapat kita atur secara periodik, setiap waktu tertentu. Juga bisa kita tentukan apa yang ingin kita backup, file, database atau semuanya.

Backup and Migrate
Backup and Migrate

Catatan: Karena tutorial penggunaan modul Backup and Migrate cukup panjang maka artikel mengenai penggunaan modul ini kami bagi menjadi beberapa bagian. Silakan klik link di bawah untuk belajar bagaimana penggunaan modul Backup and Migrate.

Kategori: