Menu Restore dan Saved Backup Pada Modul Backup and Migrate

Ini merupakan kelanjutan dari tutorial penggunaan modul Backup and Migrate di situs berbasis Drupal

Setelah sebelumnya kita mempelajari bagaimana cara backup sistem drupal dengan modul Backup and Migrate maka dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari kegunaan tab menu Restore. Secara sederhana menu ini berguna untuk mengembalikan file backup ke dalam sistem drupal. Dengan demikian bila situs drupal Anda mengalami kerusakan maka Anda cukup melakukan restore dari file backup yang ada untuk memulihkan kembali situs drupal Anda.

Sebagai catatan apabila Anda melakukan proses Restore maka isi dari situs Anda akan berubah sesuai dengan file atau data yang dibackup. Misalnya Anda menambahkan artikel pada tanggal 22 Januari dan Anda melakukan restore dari backup tanggal 21 Januari maka artikel yang Anda tambahkan tanggal 22 Januari akan hilang alias tidak ada.

Dengan demikian sebaiknya lakukan backup sebelum Anda melakukan sesuatu pada situs drupal (misalnya update atau upgrade) sesaat sebelum Anda melakukan sesuatu tersebut.

Untuk mengakses halaman konfigurasi Restore pada Backup and Migrate dapat dilakukan melalui menu Admin > Configuration > System > Backup and Migrate > tab Restore atau langsung kunjungi /admin/config/system/backup_migrate/restore

 Restore
Backup and Migrate: Restore

RESTORE

Pada halaman ini Anda akan menjumpai warning yang menjelaskan bahwa proses restore akan menghapus data dan file situs Anda

Restoring will delete some or all of your data and cannot be undone. Always test your backups on a non-production server!

Ada dua pilihan untuk Restore yaitu:

  1. Restore from an uploaded file, jika Anda ingin me-restore file backup yang telah Anda unduh ke PC Anda. Caranya cukup mudah. Pilih opsi ini lalu klik Browse pada bagian Upload a Backup File
  2. Restore from a saved backup , jika Anda ingin me-restore file backup yang tersimpan di server. Jika Anda memilih opsi ini maka akan muncul daftar file backup yang ada di server hosting Anda. Pilih salah satu file backup yang ingin Anda restore.

Berikutnya Anda harus menentukan tujuan restore yaitu Restore to dengan pilihan Default Database jika file backup berupa database, Public Files Directory jika file backup berupa file dan folder saja, atau Entire Site (code, files & DB) jika file backup berisi database dan semua file atau folder drupal.

Bagian selanjutnya bersifat opsional yang dapat Anda lewati jika tidak memerlukannya yaitu Advanced Options. Jika Anda klik maka akan muncul dua pilihan yaitu:

  1. Take site offline, pilih jika Anda ingin membuat status situs menjadi offline ketika proses restore berlangsung. Situs akan berubah menjadi online kembali jika proses restore selesai
  2. Use cli commands, pilih jika Anda ingin menggunakan perintah baris (mysqldump, tar, gzip etc.) untuk melakukan restore. Dengan opsi ini proses restore akan berlangsung lebih cepat tetapi sayangnya tidak semua hosting mendukung pilihan ini.

Klik tombol Restore Now untuk memulai proses restore. Tunggu sampai proses restore selesai. Setelah selesai maka akan muncul pesan kalau files backup telah direstore. Anda bisa melakukan restore lagi dengan file yang sama dengan klik Restore Again.

Proses restore juga bisa dilakukan dari salah satu file di saved backup destinations atau dengan membuka menu (tab) Saved Backup.

 Saved Backup
Backup and Migrate: Saved Backups

SAVED BACKUPS

Menu ini menyajikan daftar file backup yang tersimpan di server hosting Anda. File backup ini bisa berasal dari backup yang telah Anda jadwal atau Anda lakukan secara manual.

Biasanya di halaman ini akan muncul peringatan apabila Anda belum melakukan backup di situs luar selain server hosting Anda misalnya di NodeSquirrel. Anda bisa mengabaikan pesan ini.

You do not have any offsite backups. For the highest level of protection, create an offsite destination or set up NodeSquirrel to save your backups to.

Di setiap file backup ada pilihan yaitu Download, Restore, dan Delete. Berikut penjelasannya

Download
Klik opsi ini untuk mengunduh file backup ke device Anda (PC, smartphone, atau tablet)

Restore
Klik opsi ini untuk me-restore file backup ke situs drupal Anda.

 Saved Backup - Restore
Backup and Migrate: Saved Backups - Restore

Setelah itu akan muncul halaman konfigurasi restore file backup Anda. Pada pilihan Restore to pilih di bagian Anda ingin me-restore file backup tersebut. Default Database jika file backup berupa database, Public Files Directory jika file backup berupa file dan folder saja, atau Entire Site (code, files & DB) jika file backup berisi database dan semua file atau folder drupal.

Berikutnya menu Advanced Options yang bersifat opsional (dapat Anda abaikan). Jika Anda klik maka akan muncul dua pilihan yaitu:

  1. Take site offline, jika Anda ingin membuat status situs menjadi offline ketika proses restore berlangsung. Setelah proses restore selesai, situs akan kembali online.
  2. Use cli commands, jika Anda ingin menggunakan perintah baris (mysqldump, tar, gzip etc.) untuk melakukan restore. Proses restore akan berlangsung lebih cepat tetapi sayangnya tidak semua hosting mendukung pilihan ini.

Setelah semua siap, klik tombol Restore atau Cancel bila Anda ingin membatalkan.

Selamat mencoba!

Kategori: