Tutorial Instal Drupal 8

Panduan Instalasi Drupal 8

Proses instal Drupal 8 pada dasarnya hampir sama dengan proses instal drupal versi sebelumnya. Namun, artikel ini dibuat untuk mempermudah pemahaman Anda mengenai bagaimana cara instal Drupal 8 baik di server online maupun local server, terutama bagi para pengguna pemula.

Sebelum menginstal Drupal 8 pastikan bahwa hosting atau server yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh Drupal 8 yaitu:

Server: Apache, Nginx, or Microsoft IIS

Database:
MySQL 5.5.3/MariaDB 5.5.20/Percona Server 5.5.8 dengan PDO dan InnoDB-compatible primary storage engine,
PostgreSQL 9.1.2 dengan PDO,
SQLite 3.6.8 dengan higher

PHP: PHP 5.5.9 or higher

Perhatikan spesifikasi tersebut atau Drupal 8 tidak dapat berjalan jika hosting yang Anda gunakan tidak memenuhi spesifikasi yang dimaksud

Selain itu pastikan Anda telah mengunduh file instalasi Drupal 8 dari situs drupal.org. Kemudian ekstrak dan unggah isi folder dari Drupal 8 tersebut ke hosting Anda. Persyaratan lain, Anda juga sudah harus memiliki database, username dan password untuk mengakses database tersebut.

Langkah-langkah Instalasi Drupal 8

  • Buka alamat domain dimana Anda mengunggah isi folder Drupal 8 tersebut melalui browser. Misalnya Anda mengunggah di folder /drupal8/ maka buka di www.domainanda.com/drupal8. Secara otomatis browser akan membuka alamat instalasi yaituwww.domainanda.com/drupal8/core/install.php. Jika browser tidak mengarahkan ke alamat itu maka Anda sebaiknya langsung membuka alamat tersebut yaitu www.domainanda.com/drupal8/core/install.php
  • Tampilan halaman instalasi berbeda dengan halaman instalasi drupal versi sebelumnya namun langkah-langkahnya tetap sama. Pada halaman pertama Anda diminta untuk memilih language atau bahasa untuk proses instalasi.
    Instal Drupal 8
    Proses Instal Drupal 8

    Pada bagian ini Anda bisa memilih bahasa selain bahasa Inggris namun akan muncul catatan bahwa situs akan mengunduh bahasa yang dimaksud. Memang akan memakan waktu dan tentu saja biaya internet tetapi lebih praktis dibandingkan versi sebelumnya. Jika Anda tidak ingin mengunduhnya maka pilihlah Bahasa Inggris. Tapi karena saya ingin mencoba menggunakan Bahasa Indonesia jadi saya memilih Bahasa Indonesia.

    Setelah itu klik Save and continue

  • Karena saya memilih menggunakan Bahasa Indonesia maka situs akan mengunduh terlebih dahulu bahasa yang saya inginkan. Setelah itu muncul halaman pilihan profil menggunakan Bahasa Indonesia. Sayangnya pada pilihan Minimal, penjelasannya masih menggunakan bahasa Inggris. Tampaknya bahasa Indonesia belum diterjemahkan semuanya.
    Instal Drupal 8 - Pilihan Profil
    Instal Drupal 8 - Pilihan Profil

    Pilih Standar lalu klik Simpan dan lanjutkan

  • Selanjutnya proses instalasi akan mengecek apakah sistem hosting yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Drupal 8 atau tidak. Bila ada yang belum sesuai maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.
    Instal Drupal 8 - Pemeriksaan Persyaratan
    Instal Drupal 8 - Pemeriksaan Persyaratan

    Jika kesalahan bersifat opsional (hanya anjuran) maka Anda dapat mengabaikannya dan melanjutkan proses instalasi dengan mengklik continue anyway. Sekali lagi saat tulisan ini dibuat bagian ini belum diterjemahkan. Kalau ingin memperbaiki dan setelah memperbaiki sebaiknya klik retry untuk mengetahui apakah semua persyaratan sudah sesuai atau belum.

  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi database (nama database, username, dan password) seperti yang sudah Anda buat sebelumnya. Apabila hosting Anda memberikan alamat khusus untuk mengakses database maka klik Advanced Option lalu masukkan alamat akses database ke kolom Database Host.

    Anda juga dapat memberikan awalan pada setiap table di database yang akan diinstal oleh drupal. Hal ini berguna jika Anda menggunakan satu nama database (atau Hosting hanya mengijinkan satu database) untuk menampung semua aplikasi web atau dua instalasi drupal. Masukkan awalan tersebut di kolom Table prefix . Awalan tersebut misalnya d8_

    Selanjutnya klik tombol Simpan dan lanjutkan.

    Jika informasi database yang Anda masukkan sudah benar maka situs akan melanjutkan ke proses instalasi database seperti yang terlihat pada gambar

    Instal Drupal 8 - Instalasi ke Database
    Instal Drupal 8 - Instalasi ke Database

    Harap bersabar menunggu sampai proses instalasi selesai.

  • Jika proses instalasi database sudah selesai maka Anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom yang berkaitan dengan situs yang sedang Anda persiapkan yaitu: Nama Situs, email, nama pengguna dan password, pengaturan waktu, dll. Nama pengguna ini akan menjadi pengguna terdaftar pertama yang selanjutnya akan menjadi Super Administrator yang berhak melakukan apa saja di situs ini.

    Jika sudah selesai lalu klik tombol Simpan dan lanjutkan.

  • Selanjutnya Anda akan di bawa ke halaman depan situs Drupal 8 yang sudah Anda instal di server Anda. Jika Anda menemukan pesan yang berkaitan dengan bahasa atau translation maka Anda bisa mengabaikannya.
    Instal Drupal 8 - Halaman Depan
    Instal Drupal 8 - Halaman Depan

Selamat sekarang Anda sudah memiliki situs baru Drupal 8 yang siapa untuk Anda ekslorasi. Selamat mencoba dan bereksperimen.

Kategori: 
Tag: