Pilih Drupal atau Wordpress

Bagi pengguna fanatiknya tentu saja memilih Wordpress atau Drupal bukanlah hal yang sulit, namun tidak demikian dengan pengguna pemula atau mereka yang bukan merupakan pengguna fanatik. Menentukan apakah akan membuat situs berbasis Drupal atau Wordpress tentu bukanlah perkara yang mudah. Setiap cms memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Cara paling mudah untuk menentukan pilihan ialah dengan mengetahui tipe situs apa yang ingin kita buat dan cms mana yang paling kita suka untuk membuat situs tersebut. Bila kita lebih suka membuat sebuah blog menggunakan Wordpress tentu saja kita tidak akan merasa nyaman bila memaksakan diri menggunakan Drupal, dan sebaliknya.

Determine the choice of using Drupal or Wordpress is not an easy matter. Each has advantages over the other. The easiest way to choose which one to use depends on what site we will make and how we like it to use. It will be dificult and not comfortable when you choose to use wordpress but you don't like to use it.

Popular CMS

Keunggulan Drupal dan Wordpress

  • Gratis dan open source, artinya Anda bisa menggunakan secara gratis dan mengotak-atik langsung ke source codenya
  • Memiliki banyak addon, modul untuk drupal dan plugin untuk wordpress, juga memiliki begitu banyak theme yang bagus yang dapat diperoleh dengan gratis.
  • Banyak dukungan baik dari situs resmi maupun situs fans drupal dan wordpress.
  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis situs seperti majalah, blog, artikel, berita, portfolio, profil perusahaan, dan juga online shop.
  • Sudah mendukung SEO, bila Anda menaruh perhatian untuk masalah ini.

Keunggulan Drupal dibandingkan Wordpress

  • Modul view untuk melakukan query database melalui GUI, jadi Anda bisa menampilkan artikel sesuai keinginan tanpa harus tahu kode database.
  • Modul Field (CCK di Drupal 6) yang memungkinkan Anda menambah field atau kolom isian sebanyak Anda mau dan menampilkannya di situs Anda.
  • Membuat tipe konten (content type) tanpa batas dengan kolom yang berbeda-beda untuk masing-masing tipe konten. Misalnya Anda membuat situs majalah maka Anda dapat membuat tipe konten untuk artikel, feature, profil, dll.
  • Pengaturan user yang bagus.
  • Sistem taxonomy untuk membuat kategori dan sub kategori tanpa batas.

Keunggulan Wordpress dibandingkan Drupal

  • Memiliki lebih banyak theme yang bagus dan menarik untuk masing-masing jenis situs yang bisa digunakan dengan gratis.
  • Lebih mudah dalam pengoperasiannya untuk pemula.
  • Memiliki wysiwyg text editor yang mudah digunakan dan file manager yang langsung terintegrasi dengan postingan

Sebagai kesimpulan Drupal sangat cocok untuk mereka yang suka belajar bahasa pemrograman. Bagi sebagian orang Drupal bukan sekadar CMS melainkan framework dengan interface yang mudah dipahami. Sedangkan Wordpress sangat cocok untuk pengguna yang tidak tahu atau minim pengetahuan mengenai pemrograman website. Wordpress sangat mudah digunakan untuk menambah tulisan, mengelola file atau gambar, dan menggonta-ganti theme yang bagus dan menarik berdasarkan jenis situs yang mau dibuat.

Pilihannya? Tergantung kepada Anda sendiri.

Artikel ini merupakan terjemahan dengan penambahan seperlunya dari artikel di web melesat yang dulu dengan judul Which one do you choose Drupal or Wordpress?

Kategori: 

Add new comment