Mengembalikan Bahasa Drupal 8 dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris

Saat menginstal Drupal 8, Anda mungkin akan memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama Drupal 8. Alasannya beragam, mulai dari ingin mencoba sampai dengan lebih paham bila menggunakan bahasa Indonesia. Tetapi (terutama bagi yang sering bermain dengan drupal atau menu cms lain) setelah situs selesai diinstal Anda menyadari bahwa Anda lebih nyaman sekaligus 'paham' bila situs menggunakan bahasa Inggris. Lalu bagaimana cara mengembalikan situs tersebut ke bahasa aslinya yaitu bahasa Inggris?

Perlu di ketahui seringkali kita menemukan ada begitu banyak istilah dalam internet atau komputer yang lebih mudah kita pahami dalam bahasa Inggris daripada dalam bahasa Indonesia. Dengan kata lain bila kita membaca versi Indonesianya akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memahaminya daripada menggunakan bahasa Inggris.

Kembali ke pertanyaan semula bagaimana cara mengembalikan bahasa drupal menjadi bahasa Inggris?

Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan bahasa situs Drupal 8 yang sudah kita instal ke dalam bahasa Inggris.

  1. Login sebagai admin lalu masuk ke Admin > Configuration > Languages atau arahkan browser Anda ke /admin/config/regional/language
    Konfigurasi Bahasa Drupal 8
    Konfigurasi Bahasa Drupal 8
  2. Klik tombol Tambah Bahasa
  3. Pada pilihan Nama Bahasa pilih English
    Tambah Bahasa Drupal 8
    Tambah Bahasa Drupal 8

    Lalu klik Tambah Bahasa. Situs secara otomatis akan mengunduh dan menambahkan bahasa Inggris (atau pilihan lainnya).

  4. Jika proses berhasil maka Anda akan dibawa ke halaman daftar bahasa sebelumnya dengan bahasa Inggris telah ditambahkan ke dalam daftar.
    Penambahan Bahasa Inggris di Drupal 8
    Penambahan Bahasa Inggris di Drupal 8

    Pada kolom Bawaan pilih English lalu klik tombol Simpan Konfigurasi. Maka situs akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

  5. Jika berhasil maka Anda akan melihat bahwa situs drupal Anda sekarang menggunakan bahasa Inggris.
  6. Hanya saja dengan memiliki dua bahasa maka Anda akan melihat path tambahan di url situs yang menunjukkan bahasa yang digunakan. Misalnya www.domainanda.com/drupal8/en untuk bahasa Inggris atau untuk bahasa Indonesia menjadi www.domainanda.com/drupal8/id.

    Bila Anda tidak menyukai hal ini maka Anda harus menghapus salah satunya. Caranya masuk kembali ke Admin > Configuration > Languages atau arahkan browser Anda ke /admin/config/regional/language.

  7. Klik dropdown pada kolom Operation dan pilih Delete
    Menghapus Bahasa Indonesia di Drupal 8
    Menghapus Bahasa Indonesia di Drupal 8
  8. Situs akan memberikan peringatan apakah Anda benar ingin menghapus bahasa yang dipilih?. Tekan Delete dan tunggu sampai proses selesai.
  9. Setelah selesai Anda akan dibawa kembali ke halaman daftar bahasa tadi dan hanya terdapat bahasa Inggris. Selain itu path en juga sudah tidak Anda temukan di alamat url

Selamat mencoba!

Kategori: 
Tag: