Menambahkan Field untuk Mengunggah File di Drupal 7

Saat membuat sebuah tulisan di drupal, Anda ingin menyertakan lampiran berupa file yang bisa diunduh oleh pembaca. Anda bisa melakukannya dengan membuat link ke lampiran tersebut di bagian body atau dengan menambahkan kolom (field) untuk mengunggah file ke situs drupal Anda. Cara yang terakhir dapat Anda lakukan dengan menambahkan field File di content type yang Anda pilih. Namun, sebelum Anda melakukannya pastikan Anda sudah mengaktifkan modul File di halaman modul. Modul File ini memerlukan Modul Field dan Field SQL storage. Modul File ini juga menjadi modul wajib (required modul) bagi beberapa modul yang berkaitan atau memiliki fungsi untuk mengunggah file baik dokumen, gambar, aplikasi atau file lainnya. Setelah itu buka Manage Field di bagian Content Type yang Anda pilih untuk ditambahi field File. Misalnya Anda ingin menambahkan kolom di content type Basic Page maka buka halaman Admin -> Structure > Content Types > Basic Page > Manage Fields Langkah-langkah untuk menambahkan kolom unggah adalah sebagai berikut:

  1. Pada bagian Add new field tulis judul field atau kolom dan secara otomatis nama tersebut akan muncul dibagian Machine Name. Lalu pada dropdown Field Type pilih File. Pada bagian Widget pilih File. Setelah itu klik tombol Save.
  2. Selanjutnya Anda akan menuju tab Field Setting untuk melakukan konfigurasi pada kolom tersebut.
    Konfigurasi Field Setting
    Konfigurasi Field Setting

    Enable Display field Cek atau centang bagian ini untuk mengizinkan penulis menentukan apakah file akan ditampilkan dalam tulisan atau tidak. Files displayed by default File akan selalu ditampilkan secara default kecuali bila penulis tidak menginginkannya. Upload destination Pilih lokasi penyimpanan apakah public atau privat. Untuk bagian ini pilih sesuai anjuran drupal yaitu Public files. Setelah itu klik tombol Save.

  3. Berikutnya adalah tab Edit untuk melakukan pengaturan secara menyeluruh yang meliputi 2 bagian yaitu Basic page settings dan Dokumen field settings. Halaman Basic page settings meliputi:
    • Label: Nama dari kolom yang Anda buat.
    • Required field: Centang bagian ini bila Anda menghendaki agar kolom ini harus diisi oleh penulis atau user yang mengisi konten.
    • Help text: Bagian ini dapat Anda isi petunjuk bagaimana menggunakan kolom atau tujuan dari kolom tersebut. Petunjuk (bantuan) ini nanti akan ditampilkan saat ingin membuat konten baru.
    • Allowed file extensions: Tipe file atau format file yang diizinkan untuk diunggah. Berbagai macam format file tersebut ditulis dengan pisahkan oleh spasi atau koma. Misalnya: doc docx xls xlsx ppt pptx txt pdf. Sebagai catatan harap berhati-hati ketika menulis tipe file, jangan semua dimasukan apalagi kalau itu adalah file aplikasi (exe) atau archive (zip rar tar.gz) karena bisa jadi user mengunggah file yang mengandung virus.
    • File directory: Lokasi penyimpanan file yang diunggah. Kalau dikosongkan nanti akan diunggah ke folder file yang sudah ditentukan di bagian Administration > Configuration > Media > File System. Jadi misalnya directory di file system ialah sites/default/files Lalu di kolom ini Anda tulis dokumen (harus ditulis tanpa tanda /) maka direktori penyimpanan menjadi sites/default/files/dokumen.
    • Maximum upload size: Ukuran maksimal file yang diunggah. Tulis dengan MB atau KB. Bila dikosongkan maka batasan yang digunakan sesuai dengan konfigurasi PHP yang tertulis di penjelasannya.
    • Enable Description field: Centang agar user atau penulis bisa menambahkan deskripsi pada file yang diunggah.

    Sedangkan halaman Dokumen field settings meliputi

    • Number of values: Jumlah file yang bisa diunggah. Anda bisa memberikan kebebasan kepada penulis untuk mengunggah berapa file. Pilih unlimited berarti dapat mengunggah file hingga jumlah yang tak terhingga.
    • Konfigurasi selanjutnya sama seperti di tab Field Setting tadi yaitu: Enable Display field, Files displayed by default, Upload destination.

    Kemudian itu klik tombol Save Setting.

  4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke menu Manage Field dimana field atau kolom untuk mengunggah file sudah ada di halaman tersebut.
  5. Klik dan geser naik atau turun tanda + yang menyerupai panah di depan kolom untuk mengatur posisi kolom saat membuat sebuah tulisan dengan menggunakan Content Type tersebut. Klik Save untuk menyimpannya.

Sampai di sini Anda sudah memiliki sebuah kolom untuk mengunggah file. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana mengatur tampilan file ini di sebuah postingan. Selamat Mencoba!

Kategori: