Bagaimana Menambahkan Iframe dengan TinyMCE WYSIWYG Editor

TinyMCE merupakan salah satu text editor yang bagus dan sering digunakan oleh pengguna drupal yang menggunakan wywiwyg text editor untuk mengolah tulisannya. Sayangnya dengan alasan keamanan maka tinymce tidak mendukung tombol iframe. Selain itu tinymce juga akan menghapus kode iframe yang Anda masukkan secara manual (dengan men-Disable rich-text) saat Anda mengedit artikel. Kode iframe sendiri sangat berguna ketika Anda ingin menampilkan isi web lain, misalnya YouTube di situs Anda.

Tapi tenang, ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Caranya ialah dengan menginstal modul WYSIWYG IFrames. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan modul tersebut.

WYSIWYG IFrames
Tombol / Menu Iframes di TinyMCE

Lalu masuklah bagian Configuration > Content Authoring > WYSIWYG Profile > Edit profile > Buttons and Plugins > Check Iframe Fix

Jangan lupa klik Save untuk menyimpan konfigurasi tersebut.

Sekarang masuk ke bagian edit atau add content lalu cobalah untuk memasukkan iframe (contoh bisa diambil dari bagian Share / Embed web YouTube) di bagian textarea yang WYSIWYG sudah diaktifkan. Klik Save dan lihatlah hasilnya

Sekarang, Anda seharusnya sudah dapat menikmati isi dari iframe tersebut di web Anda.

Sebagai catatan, harap berhati-hati saat menggunakan kode iframe karena ada celah keamanan yang bisa digunakan oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Jadi pastikan kode iframe hanya diberikan oleh user yang benar-benar membutuhkan atau kita tahu isi dari web yang akan kita tampilkan itu apa.

Selamat mencoba

Kategori: 
Tag: 

Add new comment