Bagaimana Menambahkan Form Komentar Disqus ke Drupal

Disqus merupakan sebuah layanan diskusi (komentar) untuk mendiskusikan sebuah tulisan di sebuah website. Layanan ini dapat menggantikan keberadaan form komentar mengenai artikel di sebuah website. Disqus sendiri mendukung beberapa cms dan salah satunya ialah drupal. Lalu bagaimana menambahkan form komentar disqus ke web drupal Anda?

1. Sebelum menambahkan form disqus ke situs drupal maka Anda harus memiliki terlebih dahulu web Anda di disqus.

Mendaftarkan situs di Disqus
Mendaftarkan situs di Disqus

2. Selanjutnya masukan nama web, nama disqus url yang selanjutnya akan menjadi namapilihan.disqus.com, dan kategori web Anda. Setelah itu klik tombol Finish Registration

3. Pada halaman selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih platform dari website yang Anda gunakan. Pilih drupal dan Anda akan dibawa ke halaman panduan untuk menginstal modul disqus di situs drupal Anda.

4. Instal modul disqus di situs drupal Anda lalu aktifkan modulnya.

5. Lakukan konfigurasi modul disqus melalui Admin > Configuration > Web Services > Disqus

Konfigurasi Modul Disqus di Drupal
Konfigurasi Modul Disqus di Drupal

6. Pada bagian Shortname diisi dengan nama disqus url yang sudah Anda pilih ketika mendaftar di disqus sebelumnya
Pada bagian Visibility pilih di content type apa form disqus ini akan diaktifkan
Selanjutnya bagian Location ialah untuk menentukan apakah form ini diletakkan di Content atau block. Jika Anda memilih block maka Anda juga harus melakukan peletakan block disqus di Structure > Block
Pilih tab pada bagian Sidebar di sebelah kiri untuk konfigurasi lainnya.
Jika sudah selesai lalu klik tombol Save Configuration

Konfigurasi Modul Disqus di Drupal
Konfigurasi Modul Disqus di Drupal

7. Buka salah satu postingan di drupal yang termasuk dalam content type-nya yang form disqusnya telah Anda aktifkan seperti di poin no 6. Anda seharusnya sudah dapat melihat form disqus yang terletak di bawah postingan tersebut.

8. Nah, yang menjadi masalah, bila Anda mengaktifkan fitur komentar maka Anda tetap dapat melihat form komentar bawaan drupal di bawah form komentar dari disqus. Untuk menghilangkannya edit setiap postingan lalu matikan fitus komentarnya. Bagaimana bila postingan sudah terlanjur banyak? Sayangnya belum ada modul yang secara khusus dibuat untuk menonaktifkan fitus komentar di semua postingan secara langsung. Namun, Anda dapat mencoba menggunakan modul Views Bulk Operations dan membuat view semua artikel yang ingin Anda non aktifkan fitur komentarnya. Dari hasil view itu Anda dapat mematikan fitur komentar secara langsung untuk semua artikel yang tampil.

Selamat Mencoba

Kategori: 
Tag: