Bagaimana caranya Migrasi dari Wordpress ke Drupal?

Salah satu pertanyaan apabila orang ingin beralih dari wordpress ke drupal ialah apakah isi blog dengan wordpress saya bisa dipindah secara otomatis ke drupal? Tentu saja bisa, drupal menyediakan beberapa module untuk menyelesaikan tugas tersebut. Dalam kesempatan ini saya ingin membahas dengan menggunakan module migrate, wordpress migrate dan migrate extra.

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah install semua module di atas di web drupalmu lalu aktifkan semuanya

Aktifkan modul migrate
Aktifkan modul migrate

Lakukan konfigurasi modul migrate melalui Admin > Content > Migrate > Import from Wordpress atau melalui [alamat domain]/admin/content/migrate/new/wordpressmigratewizard

Bila muncul A private file system path must be configured to securely store your uploaded WordPress file. maka Anda harus menentukan terlebih dahulu lokasi private files. Klik link configured untuk melakukan konfigurasi pada lokasi file.

Konfigurasi File System
Konfigurasi File System

Bagian ini berisi pengaturan di folder mana Anda akan menyimpan file atau gambar yeng diunggah melalui situs drupal

  1. Public file system path: Lokasi penyimpanan file atau gambar yang diupload melalui sistem drupal dan dapat diakses oleh semua orang.
  2. Private file system path: Lokasi penyimpanan file atau gambar yang diupload melalui sistem drupal namun hanya dapat diakses oleh sistem drupal itu sendiri. Bagian ini diperlukan untuk mengimport isi dari wordpress ke drupal.

Lakukan konfigurasi sesuai keinginan Anda lalu klik Save Configuration

 Upload Blog
Langkah 1: Upload Blog

Langkah pertama ialah Upload Blog (migrasi) yaitu melalui

  1. Import from a file: Migrasi worpress dengan menggunakan file data dari wordpress.

    Caranya: Masuk ke admin (dashboard) wordpress Anda lalu > Tools > Export atau [alamat domain]/wp-admin/export.php lalu pilih jenis postingan yang akan disimpan (export) atau semuanya (All Content). Setelah itu klik Download Export File. File akan tersimpan dalam format .xml

    Setelah selesai upload file .xml tadi melalui situs drupal lalu klik Next

  2. Import from a URL: Migrasi worpress langsung dari situs wordpress Anda.

    Anda perlu memasukkan alamat situs lama, username, dan password untuk masuk ke situs tersebut. Setelah itu klik Next

 Author
Langkah 2: Author

Langkah kedua ialah menentukan apakah Anda akan membuat akun baru untuk migrasi tersebut atau dimasukkan dalam akun yang sudah ada. Pilih yes untuk membuat akun baru sedangkan no bila Anda ingin memasukkan semua migrasi ke akun yang sudah ada. Setelah itu klik Next

 Select Content to Import
Langkah 3: Select Content to Import

Langkah ketiga ialah menentukan tipe tulisan apa dari wordpress (Post atau Page) yang ingin diimpor dan akan masuk ke tipe konten (content type) mana. Setelah itu klik Next. Jika Anda ingin mengelompokkan semua tulisan dari wordpress ke tipe konten sendiri maka sebaiknya Anda membuat tipe konten baru terlebih dahulu di Admin > Structure > Content Types > Add Content Type.

 Blog Post
Langkah 4: Blog Post

Langkah keempat ialah melakukan konfigurasi hasil import dari wordpress yang berupa Post untuk kategori, tag, komentar, dan konfigurasi lainnya, termasuk alamat url. Setelah itu klik Next

Langkah kelima ialah konfigurasi seperti langkah keempat namun untuk Pages. Klik Next untuk melanjutkan.

Langkah keenam ialah ringkasan (Review) konfigurasi yang sudah Anda buat. Klik Previous untuk kembali ke halaman sebelumnya, Save import settings jika Anda hanya ingin menyimpan pengaturan, dan Save import settings and run import jika Anda ingin menyimpan pengaturan dan memulai melakukan import.

Jika Anda memutuskan untuk Save import settings and run import maka drupal akan memulai migrasi dari wordpress. Lama tidaknya proses tergantung dari banyak tidaknya postingan di wordpress dan tentu saja koneksi internet.

Setelah selesai maka Anda akan mendapatkan hasil migrasi tersebut. Silakan buka halaman utama drupal atau Admin > Content untuk melihat hasilnya.

Sebagai catatan, Anda dapat menghapus seluruh hasil migrasi ini dan melakukan migrasi ulang sesuai setingan yang sudah Anda lakukan.

Selamat Mencoba!

Kategori: 

Add new comment