Bagaimana Cara Menambahkan WYSIWYG Text Editor pada Drupal?

Salah satu kelemahan drupal 7 bagi pengguna pemula ialah ketiadaan wysiwyg (what you see is what you get) text editor saat menambah atau mengubah suatu tulisan. Keberadaan ini fitur ini terasa penting mengingat pengguna tinggal klik tombol tertentu untuk mengubah format tulisan. Misalnya blok tulisan lalu klik tombol B untuk menebalkan tulisan, I memiringkan tulisan, memperbesar tulisan, dll. Walaupun secara bawaan tidak ada, namun Anda dapat menambahkan sendiri fasilitas wysiwyg ini ke dalam text editor drupal Anda.

Ada beberapa modul wysiwyg yang bisa Anda coba namun dalam kesempatan kali ini saya ingin menggunakan modul wysiwyg (nama modulnya wysiwyg). Alasanya modul ini mendukung beberapa text editor seperti: CKEditor, EpicEditor, FCKeditor, jWysiwyg, markItUp, NicEdit, openWYSIWYG, TinyMCE, Whizzywig, WYMeditor, YUI editor. Dengan demikian Anda tidak terbatas pada satu platform text editor saja, tetapi bisa menggunakan text editor favorit Anda.

Berikut cara Menambahkan WYSIWYG text editor pada drupal

Instal terlebih dahulu modul wysiwyg pada drupal Anda

Download text editor favorit (CKEditor, EpicEditor, FCKeditor, jWysiwyg, markItUp, NicEdit, openWYSIWYG, TinyMCE, Whizzywig, WYMeditor, YUI editor) dan taruh di /sites/all/libraries/ Sebagai contoh apabila Anda ingin menggunakan text editor tinymce maka download software tinymce terlebih dahulu lalu upload isinya ke /sites/all/libraries/tinymce/

Anda boleh menambahkan lebih dari satu macam text editor asalnya didukung oleh modul wysiwyg.

Instal Modul Drupal
Aktifkan modul wysiwyg

Aktifkan modul wysiwyg di halaman Admin -> Modules

Lakukan pengaturan pada modul wysiwyg yang sudah diaktifkan atau diinstal di Configuration -> WYSIWYG Profile atau [alamat domain]/admin/config/content/wysiwyg

Petunjuk penambahan text editor
Petunjuk penambahan text editor

Klik Installation instructions untuk memastikan text editor yang sudah diinstal. Di bagian itu juga berisi petunjuk pemasangan text editor yang lain

Pemilihan text editor pada text format
Pemilihan text editor pada text format

Pada halaman Wysiwyg profile juga akan terdapat text format dan pilihan editor yang bisa Anda gunakan. Pilih text editor pada salah satu atau beberapa text format yang Anda ingin gunakan. Setelah itu klik Save

Untuk menghapus text editor pada text format, Anda tinggal klik Delete. Setelah itu Anda akan mendapatkan konfirmasi apakah text editor akan dihapus dari text format tersebut? Klik Remove untuk menghapusnya. Ingat ini hanya menghapus text editor dari text format yang bersangkutan jadi tidak menghapus text editor secara umum. Dengan kata lain text format tersebut tidak lagi menggunakan text editor.

Edit text editor yang sudah dipilih
Edit text editor yang sudah dipilih

Klik Edit pada bagian text format yang sudah ada pilihan text editornya untuk melakukan konfigurasi tampilan text editor pada text format tersebut. Ingat bahwa setiap text format bisa memiliki text editor yang berbeda atau sama dengan pengaturan yang berbeda. Sebagai contoh di text format filter html Anda bisa memasang text editor dan hanya memunculkan tombol B, I, U, Bullet Number dan Bullet List. Sementara pada text format full html Anda ingin memunculkan semua pilihan tombok yang tersedia.

Halaman berikutnya akan menampilkan konfigurasi yang terbagi menjadi:

  1. Basic setup: Berisi pengaturan dasar
  2. Buttons and plugins: Daftar tombol dan plugin apa yang ingin Anda tampilkan di tampilan wysiwyg nanti.
  3. Editor appearance: Berisi pengaturan layput atau tampilan wysiwyg di kota text editor.
  4. Cleanup and output. Pengaturan hasil dari bahasa html yang digunakan
  5. CSS. Pengaturan yang berkaitan dengan penambahan atau penggunaan CSS (Cascading Style Sheets)M/i>

Anda hanya perlu memperhatikan konfigurasi Buttons and plugins dan membiarkan konfigurasi lainnya berdasarkan konfigurasi dari modul wysiwyg. Konfigurasi Buttons and plugins ini penting karena pada bagian inilah Anda akan menentukan tombol mana yang diperbolehkan tampil dan mana yang tidak. Untuk memilih tombol yang hendak dimunculkan maka Anda tinggal check pada kolom di samping tombol.

Cara paling mudah untuk mengetahui kegunaan masing-masing tombol ialah dengan mencobanya. Silakan bermain-main dengan bagian ini sampai Anda menemukan konfigurasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Klik Save jika sudah selesai.

Mencoba menggunakan WYSIWYG di drupal
Mencoba menggunakan WYSIWYG di drupal

Untuk memastikan apakah wysiwyg sudah terpasang sempurna di drupal Anda maka silakan mencoba dengan membuat konten (misalnya article) dari Admin -> Content -> Add Content -> Article atau buka link atau buka link [alamat domain]/node/add/article di web browser. Pilih pada bagian body textarea atau kolom body lalu ganti text formatnya dengan text format dimana Anda mengaktifkan wysiwyg. Misal Anda mengaktikkan di text format full html maka pilih text format menjadi full html.

Selamat Mencoba

Kategori: 

Add new comment