8 Modul Drupal untuk Keperluan SEO

Drupal merupakan salah satu CMS (Content Management System) terbaik yang sudah mendukung SEO (Search Engine Optimization). Ada beberapa modul Drupal yang berkaitan dengan SEO dan akan membantu Anda untuk mengoptimalkan situs Anda bagi search engine (mesin pencari) populer seperti Bing, Google, atau Yahoo.

Berikut 8 modul drupal yang berkaitan dengan SEO untuk meningkatkan peringat situs di mesin pencari. Modul disajikan berdasarkan abjad.

Modul SEO untuk Drupal

1. Global Redirect

Jika Anda membuat url alias maka itu artinya Anda memiliki 2 alamat untuk sebuah halaman yang sama yaitu artikel/judul dan ?q=node/17 Hal ini menjadi larangan bagi mesin pencari karena bisa dianggap duplicate content (situs penjiplak). Nah salah satu cara yang dipakai ialah dengan menginstal modul Global Redirect ini. Pada prinsipnya modul ini akan mengarahkan url ke url yang lain bila halaman yang dimaksud sama. Misalnya bila Anda membuka ?q=node/17 maka Anda akan diarahkan ke alamat artikel/judul

2. Meta Tag

Modul ini memampukan editor mengisi meta tag untuk setiap halaman yang dibuat. Jadi ketika Anda membuat sebuah halaman (menulis artikel) Anda dapat mengisi sendiri kolom untuk meta tag title, description, abstrak atau membiarkan sesuai pengaturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Modul ini juga dapat digunakan untuk verifikasi kepemilikan situs berdasarkan meta tags.

3. Pathauto

Ini merupakan modul drupal yang berkaitan dengan seo yang harus Anda miliki. Modul ini akan membantu Anda untuk membuat url yang mudah dipahami secara otomatis sesuai patern yang sudah ada. Sebagai contoh drupal memiliki alamat ?q=node/17 dan bila clean url diaktifkan akan menjadi node/17. Anda bisa mengubahkan dengan alamat /artikel/judul secara manual. Dan dengan modul Pathauto maka Anda dapat mengubahnya secara otomatis ketika Anda membuat suatu tulisan.

4. Redirect

Sesuai namanya modul ini berguna untuk redicect dari url satu ke url lainnya. Sebagai contoh bila Anda memiliki artikel dengan alamat artikel/judul-pertama dan ingin mengganti menjadi artikel/judul-kedua maka ketika orang membuka artikel/judul-pertama maka orang akan menjumpai halaman eror atau tidak ada. Modul redirect akan otomatis mengarahkan pengunjung ke alamat yang baru. Jadi Anda tidak perlu kuatir bila ingin mengganti alamat sebuah halaman, karena modul ini akan menanganinya secara otomatis.

5. Search 404

Page 404 adalah suatu halaman yang akan muncul bila halaman yang dicari tidak ada; bisa alamatnya salah, halaman telah pindah url, atau memang tidak ada. Apabila pengunjung menemukan kasus seperti ini maka biasanya pengunjung akan langsung menutup halaman alias pergi meninggalkan situs Anda. Nah modul ini dapat berguna untuk situasi seperti ini. Anda bisa menambahkan link pilihan berdasarkan kata kunci atau alamat url yang dimasukkan yang mungkin memang dicari oleh pengunjung.

6. SEO Checklist

Modul ini berfungsi seperti to do list atau daftar tugas yang harus Anda kerjakan berkaitan dengan optimalisasi web drupal untuk mesin pencari. Sebagai catatan modul ini tidak akan mengecek web drupal Anda berkaitan dengan SEO melainkan hanya menampilkan daftar tugas yang harus Anda kerjakan.

7. SEO Compliance Checker

Saat diaktifkan maka modul ini akan mengecek apakah artikel atau tulisan yang Anda buat sudah di buat optimal untuk mesin pencari atau belum. Hasilnya akan muncul setiap Anda selesai membuat atau mengubah sebuah tulisan. Sangat membantu bagi Anda yang ingin mengoptimalkan tulisan untuk mesin pencari.

8. XML Sitemap

Modul ini berfungsi untuk membentuk file sitemap.xml yang diperlukan oleh beberapa mesin pencari sesuai standar dari sitemaps.org. Anda dapat menentukan content type, menu atau taxonomy mana yang ingin dimasukkan ke dalam sebuah sitemap. Selain itu modul ini juga menginjinkan Anda memasukkan sitemap yang ada ke mesin pencari (Google dan Bing) melalui modul ini.

Demikian 8 modul drupal yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari atau SEO. Bila Anda memiliki pertanyaan atau memiliki informasi modul lain yang terkait dengan SEO silakan memberikan komentar.

Kategori: 
Tag: 

Add new comment