5 Alasan Mengapa Anda lebih Baik Tidak Menggunakan Drupal

Jika pada posting sebelumnya saya sudah menulis mengenai mengapa Anda seharusnya mencoba menggunakan drupal lalu pada posting ini saya ingin berbagi alasan atau situasi dimana Anda tidak perlu menggunakan drupal. Lho kok? Iya setiap cms atau sesuatu pasti ada sisi positif dan sisi negatifnya. Dan saat ini saya akan mencoba mengupas sisi negatif drupal.

Berikut 5 alasan situasi tertentu dimana Anda tidak perlu menggunakan drupal.

1. Jika Anda bukan Tipe Pembelajar
Drupal memang menawarkan kemudahan dalam menciptakan dan mengelola sebuah website. Namun, ini yang juga menjadi kelemahan bagi drupal, bahwa dia tidak memiliki tampilan yang user-friendly atau mudah dipahami. Perlu waktu untuk memahami dan sekaligus menyesuaikan dengan model Drupal. Hal ini kurang tepat bagi Anda yang karena kesibukan atau alasan lain tidak memiliki waktu untuk belajar; atau bagi Anda yang ingin memiliki website yang mudah dipahami hanya dengan sekali dua kali lihat.

2. Jika Anda Menginginkan Kemudahan dalam Menulis
Secara default drupal memang tidak menyediakan fasilitas wysiwyg untuk menulis sebuah artikel. Hal ini tentu saja berbeda dengan wordpress. Selain menyediakan wysiwyg, wordpress juga memberikan kemudahan untuk menambah gambar dan kategori langsung dari halaman saat Anda sedang menulis konten. Anda memang masih dapat menambahkan module wysiwyg saat menulis sebuah artikel. Bahkan bisa menentukan produk editor apa yang ingin Anda pasang (FCKeditor, tinymce, dll). Namun, tetap saja hal ini tidak mampu menandingi kemudahan yang disediakan wordpress dalam menulis sebuah artikel.

3. Jika Anda Ingin Templete yang Bagus
Harus diakui juga bahwa templete atau theme dari drupal terkesan monoton, ada yang bagus tetapi tidaklah gratis. Sedangkan wordpress menawarkan segudang theme yang menarik. Memang Anda bisa berkreasi sendiri dengan theme dari drupal namun bagi Anda yang suka instan - pasang lalu pakai - tentu saja hal ini tidaklah menyenangkan.

4. Jika Klien Tidak Ingin Menggunakan Drupal
Ya, mau apalagi jika klien Anda tidak mau menggunakan drupal apa mau dipaksa? Banyak alasan kenapa klien tidak mau menggunakan drupal, mulai dari kesulitan mengelola sampai alasan bahwa mereka cuma butuh web yang sederhana.

5. Jika Anda Memang Tidak Menyukai Drupal
Kalau memang Anda tidak menyukai drupal, ya sudah, artinya dipaksa bagaimana pun Anda tidak akan suka. Jadi tidak perlu menggunakan drupal.

Demikian 5 alasan atau situasi dimana Anda tidak perlu menggunakan drupal.

Kategori: 
Tag: 

Add new comment